Lulus Tes Bukan Jaminan Lolos CPNS

Customer Service

Lulus Tes Bukan Jaminan Lolos CPNS

Kampus CPNS - Honorer kategori dua (K2) yang ditanyatakan lulus oleh pemerintah lewat situs resminya, jangan bersenang-senang dahulu. Karena, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Eko Sutrisno mengatakan bahwa lulus tes bukanlah jaminan anda untuk lolos CPNS dan berhak mendapatkan NIP.

Setelah lulus tes menjadi CPNS K2, ternyata masih ada beberapa persyaratan yang telah ditetapkan pemerintah. Selain persyaratan umum, yang bersangkutan dan PPK harus menandatangani SKTM (Surat Keterangan Tanggung jawab Mutlak) yang berisi pernyataan kebenaran data K2.

Bagi honorer maupun PPK yang terlibat dalam hal memalsukan SKTM, bukan hanya yang bersangkutan yang akan dipidana, melainkan PPK juga akan dipidana.

Eko Sutrisno juga menghimbau kepada siapa saja yang menemukan adanya keganjalan terkait seleksi CPNS K2, untuk segera melaporkan hal tersebut ke MenPANRB dan kepala BKN disertai bukti-bukti yang akurat.


Beliau mengatakan, "Kecurangan yang terjadi dalam seleksi penerimaan CPNS K2 bukan sepenuhnya tanggung jawab Panselnas, karena tanggung jawab pendataan tenaga honorer K2 sudah diserahkan kepada BKP dan instansi terkait di setiap daerah."