Sepakat Pakai CAT, Seleksi CPNS Tahun 2014 tak Serentak

Customer Service

Sepakat Pakai CAT, Seleksi CPNS Tahun 2014 tak Serentak

Kampus CPNS - Pemerintah mengabarkan bahwa seleksi CPNS di tahun ini mewajibkan untuk seluruh instansi baik pusat maupun daerah untuk menggunakan sistem CAT alias Computer Assisted test. Pelaksanaan seleksi tidak akan serentak lagi. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun 2014 ini dilakukan secara bertahap.

Dengan adanya perubahan ini, calon pelamar diberikan kesempatan untuk menguji kemampuan di beberapa instansi. Jadi, calon pelamar bisa saja melamar lebih dari satu instansi, karena sistem pengujian CAT ini sangat transparan dan kemampuan pelamarnya langsung bisa diuji tanpa adanya manipulasi.

Masih banyak daerah yang infrastrukturnya masih belum mendukung untuk pelaksanaan CAT. Namun KemenPAN-RB telah memberikan sosialisasi  kepada seluruh instansi pusat maupun daerah yang akan melaksakan tes CPNS agar menyiapkan diri terlebih dahulu. Badan Kepegawaian Negara (BKN) lewat 12 kantor regionalnya telah menyiapkan infrastruktur untuk pelaksanaan tes CAT.

"Untuk daerah yang jauh dari kantor regional BKN, bisa menyiapkan peralatan komputer, entah dari PTN maupun persewaan komputer, nanti BKN tinggal menyiapkan materinya saja", kata ketua BKN.

Dalam pelaksanaan tes CAT 2014 ini nanti, pemerintah yakin setiap komputer tidak ada bocoran soal, karena pemerintah telah menyiapkan Lembaga Sandi Negara (lemsaneg) akan diikutkan dalam pemnbersihan dan penguncian komputer.

BKN beralasan mengapa memilih CAT sebagai metode tes CPNS terbaik, itu karena hasil seleksi yang dihasilkan pun objektif, resiko komplain dari peserta pun tidak ada, selain itu juga menghemat biaya dan waktu.