Ada Ribuan Formasi CPNS yang Diajukan ke Menpan-RB

Customer Service

Ada Ribuan Formasi CPNS yang Diajukan ke Menpan-RB

Kampus CPNS - Mendekati penerimaan CPNS di akhir Juni 2014 mendatang, pemerintah telah mengajukan ribuan formasi. Akan tetapi, sampai saat ini masih belum ada persetujuan dari pihak pusat untuk penerimaan CPNS tersebut.


Pemkab Batanghari melalui Plt Kepala BKPPD Batanghari, Sargawi Umar, ketika dikonfirmasi mengatakan, tahun 2013 kemarin mereka mengusulkan ke Menpan-RB sejumlah 1300 lebih formasi CPNS. Hal tersebut sudah didasarkan atas kekurangan PNS yang ada di Batanghari selama ini. Beliau mengatakan "Tahun 2014 ini, kami akan mengusulkan lebih banyak dari itu".

Ia juga mengatakan, bahwa Batanghari sudah sekitar 3 tahun tidak menerima CPNS. Sementara dalam waktu itu, ada ratusan PNS yang pensiun.

"Jika Laporan dari tiap-tiap SKPD telah masuk, maka sudah jelas berapa jumlah PNS yang kita butuhkan dan kita akan mengajukan ke Menpan-RB," Katanya.

Batanghari juga mengusulkan, nantinya akan mengusulkan tentang penerimaan PNS yang tamatannya SMA sederajat. Hal tersebut tentunya sangat berguna untuk beberapa bagian seperti tenaga kebersihan. "Untuk SMA tetap kita ajukan, soalnya tidak mungkin jika tenaga pengantar surat dan kebersihan tamatannya S2", kata Sargari.

Sementara itu, Mahdan sebagai anggota DPRD Batanghari dapil Marosebo Ulu Mersam juga mengatakan, untuk saat ini Pemkab Batanghari memang banyak kekurangan CPNS. "Kita selama beberapa tahun ini memang sedang kekurangan CPNS, maka dari itu kita mengusulkan beberapa formasi sesuai dengan kebutuhan CPNS di Batanghari," Jelasnya.

Tahun ini Kabupaten Srolangun masih belum bisa memastikan untuk pelaksanaan penerimaan CPNS. Hal ini dikatakan oleh Sekretaris BKP2D Kabupaten Sarolangun Febriati ketika dikonfirmasi 6 Mei 2014 kemarin. Menurut Febriati, Pihaknya sudah mengajukan formasi tetapi pelaksanaannya belum bisa dipastikan apakah akan dilaksanakan atau tidak. "Formasi telah kami ajukan, tapi belum tahu dilaksanakan atau tidak" Ujarnya.

Beliau juga ditanya mengenai kapan akan keluarnya SK PNS yang mengikuti tes tahun 2013 lalu, Febriati mengatakan secepatnya. "SK nya keluar akhir Mei, atau awal juni," katanya.

Febriati juga mengatakan dari 140 CPNS yang lulus CPNS tersebut tidak seluruhnya akan dikeluarkan SKnya. sebagian keluar, sebagian lainnya masih nyusul karena di proses di BKN," katanya.

Pemkab Bungo juga sudah mengajukan formasi CPNS untuk tahun 2014 ini, jumlahnya sebanyak 1.000 formasi. Namun, hingga mei ini, masih belum ada pemberitahuan secara khusus dari Kemenpan-RB, berapa formasi yang turun yang diberikan untuk Kabupaten Bungo.

“Secara khusus belum ada pemberitahuan dari Kemenpan-RB. Kita Tunggu saja, yang jelas kita sudah siap, tinggal menunggu instruksi dari pusat saja. Kapan ada instruksi dari pusat langsung kita laksanakan,” ucap Bupati Bungo, H. Sudirman Zaini, ketika ditemui 6 Mei 2014 kemarin.

Untuk saat ini Kabupaten Bungo telah mengajukan formasi CPNS sesuai analisis jabatan yang dibutuhkan. Berdasarkan analisis tersebut, Kabupaten Bungo membutuhkan tenaga guru dan kesehatan.