Lowongan Kerja CPNS Sulawesi Utara dan Gorontalo 2014

Customer Service

Lowongan Kerja CPNS Sulawesi Utara dan Gorontalo 2014

Kampus CPNS - Ada 15 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan Gorontalo yang akan melaksanakan seleksi CPNS 2014. Diantara 15 pemda tersebut, terdiri dari 11 kabupaten/kota wilayah Sulut, dan sisanya 4 di Gorontalo.



Adapun dari 11 kab/kota di Sulut yang mendapatkan formasi CPNS 2014 adalah Kab Bolmong Selatan, Kab Bolmong Timur, Kab Bolmong Utara, Kab Kepulauan Sangihe, Kab Mongondow, Kab Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Kab Minahasa Selatan, Kab Minahasa Utara, Kota Kotamobagu, Kab Kepulauan Talaud, dan terakhir Kota Tomohon.

Untuk di daerah Gorontalo sendiri yang mendapatkan formasi adalah kab Gorontalo Utara, kab Bone Bolango, Kab Pohuwato, dan Kota Gorontalo.

Apa saja formasinya? Menurut MenPAN-RB Azwar Abubakar, saat ini masih belum ditentukan, akan tetapi akan ditetapkan sekitar akhir Juni dan paling lambat awal Juli. Namun dia mengatakan, secara nasional, formasi terbanyak diambil oleh guru, tenaga kesehatan dan penyuluh.

Katanya, MenPAN-RB masih sedang menganalisis pengusulan formasi yang masuk, apakah sesuai kebutuhan apa tidak.

Untuk sistem tesnya, sama seperti daerah-daerah lainnya. Wilayah Sulut dan Gorontalo diwajibkan emnggunakan sistem Computer Assisted Test(CAT) dalam seleksi CPNS yang akan dimulai awal Agustus yang akan datang. Tentunya tes dilakukan secara bertahap, tidak serentak.

Adapun tes yang akan diujikan nanti meliputi tes wawancara kebangsaan, tes intelegensia umum, dan tes karakteristik pribadi.

Penggunaan sistem CAT diharapkan akan menjamin pelaksanaan tes seleksi CPNS tahun ini agar berlangsung kompetitif, objektif, transparan dan bebas KKN.



Tahun ini, pemerintah membuka peluang 100 ribu formasi pegawai, yang terdiri dari 65 ribu PNS dan 35 ribu pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Untuk instansi pusat yang akan memperoleh formasi 31 kementerian dan 40 lembaga. Sedangkan pemda yang memperoleh formasi 28 provinsi dan 383 kab/kota. Selain itu dialokasikan juga lima persen formasi untuk lintas disiplin ilmu.

Penadaftaran CPNS akan dimulai pertengahan Juli usai pemilu presiden nanti dengan sistem pendaftaran online (Baca disini). Untuk persyaratannya pun sudah diperbarui, peserta tidak perlu menyediakan SKCK, Kartu Kuning, Surat Keterangan Sehat. Untuk registrasi awalnya hanya diperlukan nama lengkap NIP dan alamat email saja.