NTB Siap Gelar Tes CPNS Pakai Sistem CAT

Customer Service

NTB Siap Gelar Tes CPNS Pakai Sistem CAT

Kampus CPNS - Pemerintah kini sudah memastikan tahun 2014 ini seleksi CPNS pelamar umum wajib menggunakan sistem seleksi Computer Assisted Test (CAT). Berbeda dengan sistem sebelumnya (LJK), dengan CAT para pelamar dengan mudahnya langsung melihat nilai dan peringkat mereka setelah tes dilakukan.

Kabar dari Kepala Bidang Data dan Informasi Badan Kepegawaian Daerah NTB, Haryadi Widyatmoko, Seluruh daerah tidak menggunakan lagi Lembar Kerja Komputer seperti halnya tahun lalu.

Haryadi juga mengatakan, seluruh Badan Kepegawaian Daerah telah menerima surat edaran dari KemenPAN-RB, tentang cara penggunaan sistem CAT dalam seleksi CPNS umum tahun 2014. Pengecualian hanya diberikan kepada daerah yang komputer memang tidak tersedia sama sekali.

Ahmad Masyhuri, Sekrertaris BKD NTB berkata, NTB bukan termasuk daerah yang akan mendapatkan pengecualian tersebut. Sebab, fasilitas dan sumber daya di daerah ini sudah sangat memadai untuk pelaksanaan sistem CAT.

Di dalam surat edaran yang dikirim oleh KemenPAN-RB, Masyhuri mengtakan, daerah yang tak menggunakan sistem CAT untuk seleksi CPNS tahun ini, maka kuota CPNS nya akan dicabut kembali oleh KemenPAN-RB. Jadi setiap daerah harus menerapkan sistem CAT. 

Dia juga sempat mengatakan, BKD NTB sudah menyurati seluruh BKD kabupaten/kota terkait untuk mengambil langkah antisipasi terhadap pemberlakuan seleksi dengan menggunakan sistem CAT. Saat ini, belum diketahui kabupaten/kota manakah yang akan mendapatkan kuota CPNS tahun ini.

Kata Masyhuri, BKD NTB sendiri, masih dalam masa perubahan APBD 2014. Ini akan menyiapkan anggaran untuk pengadaan fasilitas CAT.  APBD perubahan itu sendiri, akan dibahas DPRD NTB pada Juni hingga Juli mendatang. Kabarnya, akan disiapkan anggaran senilai Rp 1 miliar untuk menyiapkan 100 unit fasilitas CAT.

Untuk masalah kebutuhan seleksi CPNS 2014, kemungkinan BKD nantinya akan menyewa fasilitas laboratorium komputer yang ada di seluruh NTB. kemenPAN-RB telah menjalin kesepahaman untuk menggunakan fasilitas laboratorium komputer milik 90 lebih perguruan tinggi negeri dibawah Kemendikbud yang ada di NTB, tak terkecuali Universitas Mataram.

Jadi untuk masalah fasilitas para pelamar tak usah bingung lagi, kemenPAN-RB sudah menyiapkan dengan menyewa sementara fasilitas komputer yang ada di NTB.